Pengertian Data dan Informasi Secara Lengkap

Nurhidayat.id - Selamat pagi sobat pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Pengertian Data dan Informasi Menurut Para Ahli Beserta Contoh dan Perbedaannya.

Mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata data dan informasi, namun terkadang yang sering kita dengar tersebut kita tidak tahu artinya secara menyeluruh. berikut penjelasan data dan informasi menurut para ahli beserta contoh dan perbedaan nya.


Pengertian Data

Data adalah sebuah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah dan terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran penerima data tersebut. Oleh sebab itu, data perlu diolah terlebih dahulu menjadi informsi agar dapat diterima oleh penerima. Data dapat berupa angka, simbol, karakter, suara, gambar atau tanda-tanda yang dapat didijadikan sebuah informasi. Sebuah informasi dapat menjadi data apabila informasi tersebut digunakan kembali untuk pengolajan sistem informasi selanjutnya. Dalam ilmu komputer, data adalah segala sesuatu yang disimpan dalam memori menurut format tertentu.

Data adalah catatan atas kumpulan, Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.

Dalam keilmuan (ilmiah), fakta dikumpulkan untuk menjadi data. Data kemudian diolah sehingga dapat diutarakan secara jelas dan tepat sehingga dapat dimengerti oleh orang lain yang tidak langsung mengalaminya sendiri, hal ini dinamakan deskripsi. Pemilahan banyak data sesuai dengan persamaan atau perbedaan yang dikandungnya dinamakan klasifikasi.

Dari jabaran yang sudah dijelaskan diatas maka dapat kita simpulkan sebagai berikut.

  • Data adalah fakta berupa angka, karakter, symbol, gambar, tanda-tanda, isyarat, tulisan, suara, bunyi yang merepresentasikan keadaan sebenarnya yang selanjutnya digunakan sebagai masukan suatu Sistem Informasi.
  • Data adalah deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi (data is the description of things and events that we face).
  • Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata
  • Data adalah bahan yang akan diolah/diproses berupa angka-angka, huruf-huruf, symbol-simbol, kata-kata yang akan menunjukkan situasi dan lain lain yang berdiri sendiri
  • Dalam bahasa sehari-hari data adalah fakta tersurat (dalam bentuk catatan atau tulisan) tentang suatu obyek.
  • Dalam dunia komputer data adalah segala sesuatu yang dapat disimpan dalam memori menurut format tertentu
  • Data adalah fakta yang sudah ditulis dalam bentuk catatan atau direkam ke dalam berbagai bentuk media 8. Data merupakan komponen dasar dari informasi yang akan diproses lebih lanjut untuk menghasilkan informasi

Pengertian Data Menurut Para Ahli


Robert N. antony dan John Dearden
Menurut Robert N. antony dan John Dearden, Data adalah bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau data item.

Jogyanto
Menurut Jogyanto, Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.

Selamet Riyadi
Menurut Selamet Riyadi, Data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari pengamatan dimana data bisa berupa angka-angka atau lambang-lambang.

Arikunto
Menurut Arikunto, Data adalah semua fakta dan angka-angka yang dapat dijadikan bahkan untuk menyusun sebuah informasi.

Contoh Data 

  • Siswa Z yang jarang masuk
  • Jumlah kecelakaan dijalan raya.
  • Indonesia menang

Pengertian Informasi

Informasi adalah hasil pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi dapat berupa hasil gabungan, hasil analisa, hasil penyimpulan dan bisa juga berupa hasil pengolahan sistem informasi komputerisasi.

Informasi merupakan sesuatu yang dihasilkan dari pengolahan data. Data yang sudah ada dikemas dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah informasi yang berguna. Berikut adalah definisi informasi berdasarkan berbagai sumber.
Informasi merupakan suatu hasil dari pemrosesan data menjadi sesuatu yang bermakna bagi yang menerimanya, sebagaimana dikemukakan oleh Vercellis (2009: 7) “Information is the outcome of extraction and processing activities carried out on data, and it appears meaningful for those who receive it in a specific domain .” Selain merupakan hasil dari pengolahan data, informasi juga menggambarkan sebuah kejadian, sebagaimana dikemukakan oleh Wawan dan Munir (2006: 1) bahwa “Informasi merupakan hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) dengan lebih berguna dan lebih berarti “. 

Dengan demikian informasi dapat dijelaskan kembali sebagai sesuatu yang dihasilkan dari pengolahan data menjadi lebih mudah dimengerti dan bermakna yang menggambarkan suatu kejadian dan fakta yang ada.

Dari jabaran yang sudah dijelaskan diatas maka dapat kita simpulkan sebagai berikut.

  • Informasi adalah data hasil pengolahan Sistem Informasi yang bermanfaat bagi penggunanya.
  • Infomasi adalah hasil proses atau hasil pengolahan data meliputi : Hasil gabungan, hasil analisa, hasil penyimpulan, dan hasil pengolahan system informasi komputerisasi
  • Informasi adalah segala sesuatu yang ditampilkan oleh komputer dalam sebuah media penampil tersebut diatas, biasanya sebagai hasil dari sebuah proses komputasi.
  • Informasi adalah fakta tersembunyi dibalik himpunan fakta yang sudah dicatat, dan baru diketemukan sesudah diolah atau dicerna
  • Informasi adalah fakta tersirat yang muncul dalam benak teknisi itu sesudah mencermati dan mengolahnya dengan tertib, berdasarkan model yang diyakini sebagai hal yang benar ada dalam keseluruhan persoalan tersebut

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Anton M. Moeliono
Menurut Anton M. Moeliono, Informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita. Informasi juga merupakan keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian analisis atau kesimpulan .

Joner Hasugian
Menurut Joner Hasugian, Informasi adalah sebuah konsep universal dalam jumlah muatan besar yang meliputi banyak hal dalam ruang lingkupnya masing-masing dan terekam pada sejumlah media.

Jordon B.Davis
Menurut Jordon B.Davis, Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi penerima informasi dan nilai yang nyata dan dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan sekarang atau masa depan.

Kusrini
Menurut Kusrini, Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi.

Contoh Informasi

Berikut ini adalah contoh dari Informasi :

  • Selama sebulan ini siswa Z tersebut hanya masuk sebanyak 15 hari, ia melakukannya karena orang tuanya yang sudah tua mengalami sakit-sakitan dan harus keluar masuk rumah sakit dalam sebulan ini.
  • Telah terjadi kecelakaan mobil di Jalan Raya Lintas Baypass Soekarno Hatta, siang tadi pukul 13:00, korban jiwa sebanyak 4 orang, yang merupakan satu keluarga dan meninggal ditempat.
  • Pertandingan sepakbola U21 Indonesia dengan Laos pukul 16:30 tadi berakhir dengan skor 3 : 2 untuk kemenangan Indonesia

Perbedaan Data dan Informasi

Dari definisi dan contoh diatas dapat disimpulkan bahwa perbedaan data dan informasi yaitu :

  • Data lebih cenderung ke penjelasan singkat atau suatu gagasan yang belum menjelaskan peristiwa atau hasil kegiatan, selain itu data juga tidak bisa digunakan untuk pengambilan keputusan sedangkan informasi merupakan hasil pengolahan dari data yang bisa digunakan untuk pengambilan keputusan.
  • Data terkadang tidak bisa digunakan ataupun diterima oleh akal pikiran penerima, sedangkan informasi bisa berguna dan bisa diterima oleh akal pikiran penerima.
  • Data memiliki ruang lingkup lebih detail dan bersifat teknis, sedangkan informasi menghasilkan penjelasan yang dapat dipakai dalam mengambil keputusan. Sebagai contohnya, data penjualan merupakan penjelasan yang bersifat mentah, namun informasi penjualan per bulan akan digunakan oleh manajemen untuk mengambil sebuah keputusan.

Hubungan antara Data dan Informasi.


Pada pembahasan terakhir kita akan membahas hubungan data dan informasi.

Hubungan data dan Informasi adalah , Informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang akan menerimanya, menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai manfaat. Sebuah informasi actual diperoleh dari adanya data-data yang dikumpulkan dari sebuah peristiwa, penelitian atau pengawasan. Jadi informasi menjelaskan dari data yang ada menjadi kata – kata yang mudah dimengerti.

kesimpulannya data adalah bahan baku informasi, dengan adanya data maka akan ada informasi, karena informasi merupakan hasil pengolahan dari data yang diorganisasikan , sehingga data dan informasi sangat berhubungan erat.

Demikian artikel pada kali ini mengenai pengertian data dan informasi, pengertian data dan informasi menurut para ahli, contoh data dan informasi, perbedaan data dan informasi dan terakhir hubungan data dan informasi. semoga dapat bermanfaat buat para pembaca.

Lihat Rekomendasi Lainnya :

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Data dan Informasi Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel