4 Fungsi Manajemen Menurut James A.F. Stoner

4 Fungsi Manajemen Menurut Buku James A.F. Stoner


Nurhidayat.id - Halo sobat kali ini kita akan membahas fungsi manajemen menurut James A.F Stoner dimana sebelumnya kita sudah membahas Fungsi Manajemen Menurut George Terry. Dalam ilmu manajemen tidak hanya berupa teori tentang  manajemen saja melainkan sebuah seni juga maka dari itu manajemen memiliki sebuah fungsi.

Fungsi dari manajemen pun sangat banyak pendapat dari oleh para ahli. Dan pada pembahasan kali ini fungsi manajemen yang tercantum dalam buku "Manajemen" dari James A.F. Stoner Jilid 1 terbitan bahasa Indonesia.

Dari definisi manajemen yang dipaparkan Stoner, dapat kita lihat langsung apa saja yang menjadi fungsi dari manajemen. Stoner mengatakan bahwa "Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan". Sekarang jelas bahwa fungsi manajemen menurut Stoner ada empat yaitu perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian.

Fungsi Manajemen Menurut James A.F. Stoner

Kemudian Stoner merumuskan keempat fungsi manajemen itu sebagai berikut:
  1. Perencanaan (planning) menunjukan bahwa para manajer memikirkan tujuan dan kegiatannya sebelum melaksanakannya. Kegiatan mereka biasanya berdasar suatu cara, rencana, atau logika, bukan asal tebak saja.
  2. Pengorganisasian (organization) berarti para manajer itu mengkoordinir sumber daya manusia dan sumber daya bahan yang dimiliki organisasi. Sejauh mana efektifnya suatu organisasi tergantung pada kemampuannya untuk mengerahkan sumber daya yang ada dalam mencapai tujuannya. Tentu saja, dengan makin terpadu dan makin terarahnya pekerjaan akan menghasilkan makin efektifnya organisasi. Mendapatkan koordinasi yang sedemikian itu adalah salah satu tugas manajer.
  3. Memimpin (to lead) menunjukan bagaimana para manajer mengarahkan dan mempengaruhi bawahannya, menggunakan orang lain untuk melaksanakan tugas tertentu, Dengan menciptakan suasana tepat, mereka membantu bawahannya bekerja sebaik mungkin.
  4. Pengendalian (controlling) berarti para manajer berusaha untuk meyakinkan bahwa organisasi bergerak dalam arah tujuan. Apabila salah satu bagian dari organisasi menuju arah yang salah, para manajer berusaha untuk mencari sebabnya dan kemudian mengarahkannya kembali ke tujuan yang benar.
Demikianlah fungsi manajemen menurut James A.F. Stoner yang saya ambil langsung dari bukunya. Beberapa catatan penting juga harus diperhatikan yaitu fungsi manajemen para ahli selalu berdasar pada apa definisi manajemen menurut ahli tersebut.

Belum ada Komentar untuk "4 Fungsi Manajemen Menurut James A.F. Stoner"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel